Jumat, 16 Desember 2022

Ini Cara Meningkatkan Brand Usaha BUMDes Melalui Logo!



Logo adalah salah satu hal penting dalam sebuah perusahaan. Bukan hanya sekadar gambar atau tulisan, logo merupakan identitas yang digunakan untuk membangun brand yang menarik dan berbeda dari yang lain. Melalui logo, kamu dapat mengkomunikasikan keberadaan bisnismu kepada calon pelanggan. Meski tidak dapat dijadikan sebagai indikator kualitas usaha, akan tetapi logo dapat mencerminkan keprofesionalan perusahaan.

Setiap perusahaan atau bisnis membutuhkan logo yang berkesan sekaligus menarik. Begitu juga ketika kamu membangun sebuah bisnis, maka hal pertama yang harus ditentukan adalah rancangan bisnis dan juga logo. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) termasuk salah satu bisnis yang membutuhkan identitas berupa logo agar dapat dibedakan antara satu dengan yang lainnya. 

BUMDes Ketapanrame yang terletak di Kabupaten Mojokerto adalah salah satu BUMDes di Indonesia yang menggunakan logo menarik untuk membedakannya dari BUMDes lain. Terlihat dari setiap elemen dalam logo BUMDes Ketapanrame memiliki filosofi tersendiri yang menunjukkan ciri khas serta identitasnya.

Penting bagi sebuah desa yang baru merintis usaha BUMDes untuk menentukan logo yang menarik. Tentu desa tersebut dapat menyewa atau membayar jasa seorang graphic designer untuk membuat sebuah logo BUMDes yang terlihat profesional. Namun, kamu harus diketahui bahwa biaya yang dibutuhkan untuk membuat logo yang orisinil dan menarik sangatlah besar. Jangan khawatir, kamu bisa membuat logo BUMDes sendiri, lho!

Melalui artikel ini, admin akan membagikan insight seputar langkah membuat logo BUMDes yang menarik dan berkualitas seperti logo yang dimiliki oleh BUMDes Ketapanrame. Apa aja sih yang harus diperhatikan? Yuk, disimak bersama-sama.

Peran Logo BUMDes Sebagai Kunci Branding yang Sukses 

Tidak dapat kita pungkiri, BUMDes dengan logo yang menarik tentu akan lebih dilirik oleh calon pelanggan. Ada beberapa indikator yang perlu kamu perhatikan ketika kamu ingin membuat logo BUMDes yang sempurna:

  1. Sederhana - Saat ini, logo dengan desain yang sederhana lebih banyak diminati sebab lebih efektif dan fleskibel secara visual.
  2. Mudah Diingat - Logo yang sederhana akan lebih mudah diingat oleh khalayak sehingga usaha BUMDes-mu lebih mudah untuk ditemukan.
  3.  Fleksibel - Logo yang fleksibel berarti logo dapat dengan mudah diaplikasikan di berbagai jenis media.
  4.  Cocok dengan Esensi - Secara visual dan makna, logo tidak boleh memiliki gambaran yang berbeda dengan usaha yang dijalankan.

Keempat indikator tersebut dapat dijadikan sebagai pegangan untuk kamu yang hendak mendesain logo BUMDes yang baik. Terlebih, pembuatan logo berkaitan dengan branding atau kesan yang terbangun dalam benak konsumen terhadap usahamu. Memiliki logo sesuai dengan keempat indikator tersebut dapat membantu konsumen dalam membedakan usaha BUMDes-mu dengan usaha lainnya.

Lantas hal apa saja yang dibutuhkan untuk mendesain sebuah logo BUMDes yang menarik?

Mempersiapkan Beberapa Hal untuk Mendesain Logo BUMDes

  1. Memahami Usaha BUMDes-mu - Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mendesain sebuah logo adalah memahami bisnismu sendiri. Mulai dari jenis usaha BUMDes, apa yang kamu jual/tawarkan, siapa target pasarmu, dan lain sebagainya. Memahami bisnis dapat membantumu untuk menentukan rancangan desain logo BUMDes yang sesuai.
  2.  Melakukan Riset Mendalam - Selain untuk mencari ide, riset dilakukan agar kamu tidak membuat logo yang sama dengan usaha lainnya. Jangan sampai logo BUMDes yang telah kamu rancang sedemikian rupa malah dianggap meniru desain logo orang lain, ya.
  3.  Memanfaatkan Bantuan Logo Maker - Bagi yang tidak mahir membuat atau merancang desain logo, kamu bisa menggunakan logo maker yang dapat diakses secara online. Beberapa dari website logo maker akan memberikan kamu pertanyaan terkait usahamu, setelah itu mereka akan menampilkan banyak rekomendasi logo yang menarik untuk BUMDes-mu. Kamu bisa mengakses website logo maker seperti looka dan wix.
  4.  Menggunakan Software Desain - Jika kamu tertarik untuk membuat logo dari nol dan mengeksplorasi lebih banyak ide, kamu dapat menginstall software khusus untuk mendesain seperti Adobe Illustrator atau CorelDRAW. Apabila kamu tidak rela untuk merogoh kocek yang besar untuk membeli software tersebut, kamu juga bisa menggunakan Canva sebagai alternatif terbaik untuk mendesain logo BUMDes-mu.

Sekarang kamu sudah memahami Langkah apa saja hal yang harus diperhatikan untuk membuat logo BUMDes yang menarik. Logo tidak hanya sebatas gambar dengan nama BUMDes-mu, ia harus mampu memuat visualisasi yang mampu mengingatkan pelanggan pada produk-produkmu. Kamu juga bisa mengakses artikel yang relevan seperti Prinsip Dasar Membuat Logo BUMDes Sesuai Filosofi dan Peran Logo BUMDes untuk Unit Usahanya. 

Buat BUMDes-mu semakin terdepan dengan tips marketing dan branding lainnya dari BUMDes Mutiara Welirang! Stay tune!

Latest
Next Post

0 komentar: