Kamis, 08 Desember 2022

Sumber Gempong, Suatu lembah yang menjadi berkah

Sumber Gempong adalah sebuah sumber mata air alami yang dikelilingi oleh hamparan sawah terasiring yang sangat menarik dan mempunyai keindahan yang alami, terletak di Tanah Kas Desa seluas 4 Ha yang berada di Dusun Sukorame Desa Ketapanrame. Daya Tarik ini sebelumnya sering dimanfaatkan oleh beberapa hotel untuk dijadikan rujukan paket tambahan bagi tamu hotel.

Sumber Gempong merupakan nama tempat sumber mata air yang ada dilokasi ini. Masyarakat setempat mengartikan “Gempong / Nggempong“ adalah suatu lokasi yang banyak terdapat genangan air dan tidak akan kering walaupun saat musim kemarau. Menurut kamus Bahasa Indonesia arti Gempong adalah putus asa. Dengan sebutan nama ini Pemerintah Desa menetapkan nama wisata ini menjadi Wisata Sawah Sumber Gempong mempunyai maksud bahwa semua orang yang berkunjung di wisata ini akan dapat menghilangkan keputusasaan.

Pada tahun 2021 adanya program pengembangan wisata setelah Taman Ghanjaran,  Pemerintah Desa Ketapanrame fokus pembangunan kawasan wisata Sumber Gempong dengan sumber dana yang diperoleh dari laba usaha Bumdesa tahun sebelumnya. Pembangunan diawali dengan pembangunan kolam pemandian dan penataan sumber mata air sebagai sarana wisata penunjang akan keindahan alam sekitar berupa hamparan sawah yang menyejukkan dan memanjakan mata bagi setiap orang yang datang.

Dengan memanfaatkan Sawah milik masyarakat disekitar lokasi yang tetap difungsikan untuk lahan pertanian sebagai pendukung fasilitas paket wisata jelajah sawah dan swafoto dengan tanpa menghilangkan konsep alamnya, masyarakat pemilik sawah diberikan kontribusi sebagai bentuk komitmen bersama untuk menciptakan Kawasan ini sebagai destinasi wisata baru

Masyarakat yang tidak memiliki sawah diberikan kesempatan ikut berpartisipasi dalam usaha kuliner, oleh-oleh dan usaha lainnya di lokasi ini dengan jumlah saat ini sekitar 30 kepala keluarga (KK). Sebagian lagi masyarakat diberi kesempatan untuk ikut urun dana untuk pengembangan wahana permainan dengan program investasi warga. Program investasi warga ini diikuti oleh 98 kepala keluarga (KK) dari masyarakat Dusun Sukorame dengan pola bagi hasil sesuai dengan analisa perhitungan yang sudah disepakati Bersama.

Beberapa macam wahana permainan dengan konsep yang memadukan wisata alam yaitu bebek air, sepeda layang, becak terbang, jantra, Atv dan kereta jelajah sawah yang menjadi wahana favorit bagi pengunjung, dengan rel kereta sepanjang 380 meter pengunjung bisa menikmati pemandangan sawah hijau yang menyejukkan mata. Dari hasil investasi ini, mampu memberikan bagi hasil usaha sekitar 3% - 15% perbulan. Selain fasilitas wahana di wisata ini juga terdapat Kolam pemandian, Kolam terapi ikan, dangau-dangau / pondok sawah sebagai tempat istirahat pengunjung sambil menikmati keindahan panorama yang disuguhkan.

Fasilitas lainnya seperti toilet yang tersebar di beberapa sisi serta terdapat beberapa Musholla agar memudahkan pengunjung untuk beribadah. Dengan areal parkir yang cukup luas bagi kendaraan roda dua dan roda empat dibantu petugas penata dan pengarah parkir sejumlah 30 orang akan sangat memudahkan pengunjung untuk menempatkan kendaraannya. 

Lahan pertanian yang sebelumnya hanya mendapatkan keuntungan dari hasil panen yang ada kalanya tidak menguntungkan saat ini menjadi berkah bagi masyarakat karena saat  ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan baik anak-anak maupun dewasa.

Wisata Sawah Sumber Gempong ini dikelola oleh BUMDesa dengan menjalin kemitraan dengan Kelompok Sadar Wisata dengan nama RAKASIWI (Penggerak Aksi Wisata). Kelompok ini berjumlah lebih dari 50 orang yang  terdiri dari berbagai unsur masyarakat yang dibentuk melalui musyawarah Dusun dan telah mendapatkan SK dari Kepala Desa. Dalam pengelolaannya menggunakan mekanisme bagi hasil prosentase dari tiket masuk wisata.

Sebagai penunjang daya Tarik di Wisata Sawah Sumber Gempong ini pengelola menyajikan atraksi kesenian pada momen tertentu, diantaranya Pencak silat dan bantengan dari paguyuban kesenian Desa yang menjadi pelengkap paket wisata.

Wisata Sumber Gempong ini telah menjadi salah satu icon Wisata desa di Kabupaten Mojokerto dan menjadi tujuan wisata oleh masyarakat baik wisatawan domestik maupun luar kota, dalam satu hari sekitar 500 orang pengunjung untuk hari biasa dan jika hari libur sekitar 2000 orang pengunjung baik yang berwisata untuk menikmati wahana permainan maupun hanya untuk menikmati pemandangan alam yang terdapat di lokasi wisata ini.

Karena semakin berkembangnya wisata ini, pengelola membuat paket wisata yang terintegrasi dengan nama Paket “SOBO KETAPANRAME”, dengan paket ini wisatawan akan lebih mudah untuk mengexplore destinasi wisata yang ada desa Ketapanrame.


Previous Post
Next Post

0 komentar: