Jumat, 22 Januari 2021

Unit unit BUMDesa Ketapanrame

Bumdes Ketapanrame dengan berbagai macam unit usahanya mampu memberikan laba usaha yang setiap tahunnya mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Meski di masa pandemi ini sangat dirasakan dampaknya akan tetapi pengelola terus berupaya dengan berbagai strategi agar target laba usaha yang sudah ditargetkan dapat tercapai.
Pada tutup buku tahun 2020 kemarin Bumdes Ketapanrame mampu mencapai target laba yg ditetapkan sebesar 2 M.
    Hasil usaha Bumdes ini paling besar didapat dari kegiatan unit Pengelolaan Wisata, disusul dari unit Pengelolaan Air minum dan selebihnya dari unit yang lain diantaranya Unit Simpan Pinjam dan Kemitraan, unit Pengelolaan Kebersihan dan Unit Pengelolaan Kios dan Kandang Ternak.
    Dengan Berbagai macam unit usaha yang dilakukan dapat memberikan dampak yang positif, tidak hanya bagi peningkatan PAD akan tetapi lebih pada peningkatan penghasilan masyarakat Desa.
Berdasarkan catatan data Bumdes di ketahui ada 850 orang warga Desa yang terlibat dalam kegiatan Bumdes, baik itu sebagai pelaku langsung di kegiatan usaha maupun yang terlibat secara tidak langsung melalui program investasi usaha.
    Keterlibatan warga tersebut didasarkan pada keanggotaan dalam satu KK (Kepala Kelurga), artinya satu KK hanya diberikan kesempatan satu orang utk ikut dalam kegiatan usaha yang di kelola Bumdes. Jika saat ini jumlah KK di Desa Ketapanrame ada 1879 KK, maka dapat di prosentasikan sebesar 45% warga desa dalam satu KK sudah mendapatkan kesempatan utk andil dalam kegiatan Bumdes. Disamping itu Bumdes sesuai ketentuan yg sudah di tetapkan dalam Peraturan Desa wajib menyalurkan 10% dari laba usaha kepada masyarakat miskin melalui program dana sosial.

Previous Post
Next Post

0 komentar: