Selasa, 19 Januari 2021

Bumdesa Ketapanrame


Bumdesa Ketapanrame berawal dari program air bersih dari pemerintah melalui tim pembangunan kecamatan pada tahun 1978 dibangunlah sarana air bersih berupa pemasangan pipa dan pembuatan bak penampungan air.

Tahun 1988 dibentuklah HIPPAM "TIRTO TENTREM" sebagai wadah pengelolaan air, agar pelayanan air kemasyarakat dapat dikelola dengan baik, dan disalurkan secara merata.

Pada tahun 2000, HIPPAM bekerjasama dengan PDAM, tepatnya di tahun 2001 dibentuklah BUMDES ( Badan Usaha Milik Desa ) dengan nama BPAM "TIRTO TENTREM" yang fokus pada pengelolaan dan pendistribusian air minum ke masyarakat Desa, Tahun 2010 BUMDES ( Badan Usaha Milik Desa ) BPAM "TIRTO TENTREM" berganti nama menjadi BUM Desa "KETAPANRAME" dengan penambahan 3 unit usaha baru sehingga menjadi 4 Unit usaha Tahun 2016 BUM Desa Ketapanrame mengembangkan usaha baru dari Unit kios dan Wisata.

Pertengahan 2019 bantuan Provinsi melalui program Jalin Matra membuat usaha baru lagi yaitu Unit Simpan Pinjam dan Kemitraan sehingga kembali ada tambahan 1 Unit lagi menjadi 6 unit Usaha.

BUMDesa Ketapanrame kembali melakukan inovasi untuk melakukan merger 2 unit usaha, yaitu Unit Pengisian Tangki Air bergabung dengan Unit Usaha Pengelolaan Air Minum, hingga saat ini BUMDesa Ketapanrame mempunyai 5 Unit usaha yaitu, Unit Pengelolaan Air Minum, Unit Kebersihan Lingkungan, Unit Pengelolaan Lahan dan Kandang Ternak, Unit Wisata dan yang paling baru Unit Usaha Simpan Pinjam dan Kemitraan


Previous Post
First

0 komentar: