Selasa, 06 Desember 2022

Wisata Sawah Sumber Gempong, Wisata Terpopuler di Mojokerto

Wisata Sawah Sumber Gempong merupakan tempat wisata alam dan edukasi yang dikelola oleh BUMDes Mutiara Welirang dengan bantuan masyarakat Desa Ketapanrame. Tempat wisata ini dibangun sebagai bentuk kesadaran banyak pihak akan potensi wisata yang ada di Desa Ketapanrame dan mendapatkan dukungan dari pemerintah provinsi Jawa Timur, pemerintah kabupaten Mojokerto, perguruan tinggi, dan seluruh lapisan masyarakat. Pemerintah Desa ketapanrame bersama dengan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dan juga BUMDesa (Badan Usaha Milik Desa) juga berusaha untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan memberikan kesempatan bagi masyarakat desa untuk bersama-sama mengelola Sumber Gempong. Sehingga dibuatlah Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) yang diberi nama “RAKASIWI”.


Sumber Gempong berada di Dusun Sukorame, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Sumber Gempong mulai dibuka pada tahun 2018. Sawah hijau yang membentang luas dan juga pegunungan yang menjulang tinggi menjadi pemandangan utama dari Wisata Sawah Sumber Gempong. Pemandangan pedesaan yang asri dengan hawa yang sejuk membuat Sumber Gempong menjadi pilihan tepat untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari.


Sumber Gempong memiliki kawasan persawahan seluas 5 hektare. Fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung Sumber Gempong antara lain ada gazebo, dangau sawah, wahana permainan, kolam pemandian, terapi ikan, warung makan, camping ground, dan guest house.


Gazebo

Sumber Gempong memiliki banyak gazebo yang tersebar di banyak tempat. Pengunjung dapat duduk bersantai di gazebo sambil menikmati pemandangan alam yang asri.


Dangau Sawah

Dangau sawah merupakan gubuk atau rumah kecil yang terletak ditengah sawah. Pengunjung dapat bersantai didalam dangau sawah sambil menikmati pemandangan sawah yang hijau dan juga angin yang berhenbus sejuk.


Wahana Permainan

Ketika berkunjung ke Sumber Gempong, pengunjung dapat menaiki berbagai macam wahana permainan seperti kereta sawah, bebek air, ayunan jantra, becak terbang, sepeda layang, atv, dan kuda tunggang. Wahana yang menjadi favorit pengunjung Sumber Gempong adalah kereta sawah, bebek air dan juga atv.


Kolam Pemandian dan kolam terapi ikan

Pengunjung juga dapat berenang di kolam pemandian Sumber Gempong, mengambil selfie ditengah-tengah sawah, dan bersantai merendamkan kaki di kolam terapi ikan.


Warung Makan

Warung makan Sumber Gempong diberi nama “Griya Tetedan”. Ada banyak menu yang ditawarkan oleh Griya Tetedan, seperti nasi pecel sambel tumpang, nasi soto daging, nasi rawon, nasi babat, nasi empok, lalapan ayam laos, krengsengan, nasi bakar, dan lain-lain.


Camping Ground

Sumber Gempong menyediakan area Camping Ground bagi pengunjung yang ingin merasakan camping di pedesaan yang asri. Pengunjung tidak perlu kebingungan meminjam tenda karena Sumber Gempong menyediakan tenda yang dapat disewa pengunjung yang ingin camping di Sumber Gempong.


Guest House

Pengunjung tidak perlu kebingungan jika ingin mencari tempat menginap. Karena Sumber Gempong juga menyediakan fasilitas Guest House yang  juga berada di area Sumber Gempong. Pengunjung akan menempati kamar yang menghadap langsung dengan memandangan sawah dan gunung, yang pastinya sejuk dan juga nyaman.


Wisata Sawah Sumber Gempong mulai ramai dari pengunjung lokal sampai pengunjung luar kota, dan menjadi salah satu wisata terpopuler di Mojokerto. Dengan memanfaatkan sumber air dan persawahan yang terbentang luas, dan juga lokasi yang strategis, menjadikan Sumber Gempong tempat yang cocok untuk liburan bagi semua kalangan, terutama bagi pengunjung yang menyukai wisata alam. Sumber Gempong cocok dikunjungi bersama teman-teman dan juga bersama keluarga.


Previous Post
Next Post

0 komentar: