Senin, 05 Desember 2022

BUMDes Mutiara Welirang Mengikuti Kegiatan “Penarikan Mahasiswa Magang Bersertifikat Syncore Indonesia JC GAS batch 3”

Pada hari Sabtu tanggal 26 November 2022, BUMDes Mutiara Welirang mengikuti kegiatan “Penarikan Mahasiswa Magang Bersertifikat Syncore Indonesia JC GAS batch 3” secara online melalui platform Zoom Meeting. Kegiatan ini diselenggarakan oleh PT. Syncore Indonesia sebagai bentuk peresmian kepulangan peserta Magang Bersertifikat Junior Consultant Batch 3 yang telah menyelesaikan tugasnya dalam membantu dan mendampingi mitra Bumdes PT. Syncore Indonesia. Acara ini dihadiri oleh pihak PT. Syncore Indonesia, perwakilan BUMDes, dan juga para mahasiswa magang Junior Consultant.

PT Syncore Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi, pengembangan system, penyedia training dan media. PT. Syncore Indonesia telah melatih dan mendampingi banyak mitra-mitra mereka. Baik melakukan pendampingan secara online, maupun pendampingan secara langsung. BUMDes Mutiara Welirang merupakan salah satu mitra BUMDes dari PT. Syncore Indonesia.

Kedatangan mahasiswa magang bersertifikat yang diturunkan oleh PT. Syncore Indonesia merupakan salah satu kegiatan yang dibuat oleh PT. Syncore Indonesia yang bekerjasama dengan program milik pemerintah yaitu Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Mahasiswa magang dari Syncore akan diberi pembekalan dan pelatihan sebagai Junior Consultant. Junior Consultant akan menjadi perwakilan dari Syncore untuk mendampingi dan membantu mitra-mitra Syncore. Syncore kemudian menyebarkan dan menurunkan mahasiswa magang kepada mitra-mitra Syncore agar mitra bisa mendapatkan pendampingan secara langsung dalam waktu kurang lebih 2 bulan.

BUMDes Mutiara Welirang kedatangan 7 mahasiswa magang Junior Consultant pada Senin 19 September 2022. Ketujuh mahasiswa magang terbagi menjadi 4 bagian, yaitu Business Development, Finance, Customer Relationship Manajemen, dan Digital Media. Masing-masing bagian memiliki tugas untuk mendampingi dan membantu mitra BUMDes sesuai dengan bidang keahlian mereka masing-masing.

Direktur BUMDes Mutiara Welirang, Bapak Herwanto menyebutkan bahwa ide menurunkan mahasiswa magang Junior Consultant langsung ke BUMDes lebih efektif dari pada hanya melakukan pendampingan secara online melalui Zoom Meeting. Dari kegiatan ini kedua pihak dapat bertukar pengalaman dan perspektif dengan lebih leluasa. Banyak sekali manfaat yang dirasakan BUMDes berkat kegiatan ini walau waktu yang diberikan hanya 2 bulan saja. BUMDes merasa sangat terbantu dengan kedatangan Junior Consultant dari Syncore. Pak Herwanto juga berharap agar kegiatan ini dapat terus dijalankan di tahun-tahun berikutnya.

PT. Syncore Indonesia melalui programnya yang bernama Bumdes.id juga sudah banyak memberikan pelatihan-pelatihan dan pendampingan yang sangat membantu BUMDes dalam pengembangkan usaha desa tersebut. Namun dengan adanya penurunan mahasiswa magang Junior Consultant secara langsung ke kantor-kantor BUMDes memberikan pengalaman baru yang lebih segar dan juga lebih menyenangkan daripada hanya melakukan pendampingan secara online. BUMDes dan para mahasiswa magang Junior Consultant dapat bersama-sama mengeksplor hal-hal baru yang dapat membantu BUMDes untuk semakin maju. Saling bekerjasama dan juga dapat membangun relasi dengan orang-orang baru. Kegiatan Magang Junior Consultant ini dapat bermanfaat bagi pihak BUMDes maupun bagi mahasiswa magang itu sendiri.

BUMDes Mutiara Welirang optimis bisa menjadi lebih besar dari sekarang. Dengan melihat program-program kerja dan target-target yang sudah tercapai di awal tahun, kedepannya akan banyak program-program lain yang berhasil dilaksanakan. Harapannya, semoga BUMDes Mutiara Welirang bisa menjadi badan usaha desa yang mampu menghidupi desa dan warga masyarakat.

Semoga kegiatan pendampingan mahasiswa magang Junior Consultant ke mitra BUMDes dapat dilaksanakan sampai tahun-tahun yang akan datang dan tidak berhenti sampai disini saja. Semoga program ini menjadi lebih baik seiring dengan perkembangan waktu, sehingga dapat memberikan manfaat lebih banyak lagi, terutama bagi BUMDes Mutiara Welirang.


Previous Post
Next Post

0 komentar: